Ulama Kota Bogor Menyeru Aparat Untuk Proffesional dan Menjaga Ulama

277

Bogor, Mediasiar.com – Ulama Ahlus Sunnah Wal Jamaah menyelenggarakan Ijtima’ Ulama pada hari Ahad, 18 Februari 2018 di Mahad Miftahul Falah Bogor Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menunjukkan sikap atas maraknya penganiayaan, pembunuhan ulama di Jawa Barat akhir-akhir ini. Yaitu Peristiwa pemukulan KH. Umar Basir setelah sholat subuh (27 Januari 2018), kemudian pembunuhan terhadap ust. Prawoto (1 februari 2018). Peristiwa terus berlanjut dengan beberapa peristiwa susulan yang menimpa ulama dan santri, yang anehnya semua pelakunya dinyatakan orang gila, bahkan terakhir di Bogor pun sudah terjadi beberapa peristiwa yang sama.

Para ulama merasa prihatin atas fenomena ini. Ulama yang semestinya sebagai rujukan penguasa dalam memutuskan kebijakan urusan umat, disegani dan dimulaikan justeru saat ini malah dianiaya dan diancam keberadaannya.

Saat ini, ulama diabaikan dalam proses menetapkan kebijakan negara, dibatasi perannya dalam amar ma’ruf nahi mungkar, dan sebagian ulama  dipakai untuk melegitimasi kepentingan penguasa.

KH Umar Ash-Shiddiq, pengasuh Pondok Pesantren Daaruts Tsaqoofah,  menyampaikan bahwa aparat penegak hukum harus melakukan penyelidikan secara menyeluruh dan bertindak profesional untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Beliau juga menegaskan, keamanan ulama dalam mendakwahkan Dinul Islam harus dijamin, sehingga peran dan kemuliaannya dalam beramar ma’ruf nahi munkar kepada masyarakat secara umum dan juga kepada penguasa bisa terwujud.

Dalam pernyataan sikapnya, acara yang dihadiri sekitar 100 ulama ini menyeru kepada seluruh kaum muslimin untuk menyatukan tekad dalam memperjuangkan penerapan Syariat Islam dalam seluruh aspek kehidupan. Karena dengan penerapan Syariat Islam secara kaffah inilah ulama akan dimuliakan kedudukannya dan akan membawa ketentraman dalam bermasyarakat dan bernegara. [MS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.