Stigma Radikal Untuk Siapa?

41

Oleh: Susi, Bogor Barat

Andai diadakan survei, kata apa yg paling populer saat ini atau paska dilantiknya presiden dan para pembantunya? Tentu kata radikal dan radikalisme berada di urutan teratas kata terpopuler. Bagaimana tidak? Beberapa menteri yang tak ada hubungannya dengan agama atau politik pun juga beramai-ramai membahas radikalisme. Seolah tak ada lagi bahasan menarik dalam skala prioritas untuk dibahas.

Sebaliknya memanasnya kasus Wamena yang telah menelan korban rakyat sipil seolah luput dari perhatian mereka. Bahkan dalam kunjungannya beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi juga tak ada secara khusus membahas masalah Wamena. Seolah-olah tak ada peristiwa besar yang memakan korban jiwa di sana. Tak ada istilah radikal atau teroris untuk kasus Wamena, padahal jumlah korban meninggalnya mencapai puluhan orang. Hal ini bertolak belakang dengan kasus penusukan Wiranto yang konon dilakukan oleh orang yang terpapar radikalisme atau terpapar paham ISIS. Semua media TV dan para tokoh bersahut-sahutan mengutuk peristiwa tersebut. Dan sekali lagi, semuanya mengarah kepada Islam dan hanya Islam.

Jelaslah stigma radikal, teroris, radikalisme dan terorisme semuanya mengarah kepada Islam. Simbol-simbol Islam dan syariat Islam selalu dilekatkan dengan hal tersebut. Yang terbaru adalah wacana pelarangan cadar dan celana cingkrang bagi ASN. Meskipun hal ini hanya diberlakukan bagi para ASN, namun stigma cadar dan celana cingkrang identik dengan radikal dan teroris tak bisa dilepaskan begitu saja.

Deradikalisasi yang dilakukan tak lain dan tak bukan adalah langkah untuk menjauhkan umat Islam dengan ajaran agamanya. Mengapa? Karena taat syariat Islam Kaffah adalah radikal, maka deradikalisasi adalah menjadikan Islam sebagai agama ritual semata, sholat, zakat, puasa dan haji. Selebihnya tak boleh dilakukan. Termasuk sikap kritis terhadap penguasa untuk kembali kepada Islam. Semuanya akan diberikan stigma radikal dan akan diperangi dengan berbagai tipudaya dan adu domba.
Wallahu’alam bishshowab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.