Rusia Peringatkan AS Soal Pesawat F-35, Propagandakan Perang Vietnam

234

Rusia merilis peringatan kepada Amerika Serikat (AS) bahwa militernya mampu mendeteksi pesawat jet tempur siluman F-35 tipe apa pun andai pesawat tersebut terbang di wilayah udaranya.

Ilustrasi Pesawat F-35. Foto: Breakingnews.co.id

Sejumlah media AS menganalisa pidato Goldfein itu diyakini merujuk pada kinerja jet tempur F-35 yang sukses di latihan Red Flag tahunan di Nevada. Pada acara yang sama di Brookings, Goldfein menekankan kehebatan jet tempur generasi kelima AS tersebut. “F-35 melebihi ekspektasi kami ketika tidak hanya mampu bertahan, tetapi untuk menuntut target,” jelasnya.

Tetapi yang kurang dibahas adalah konteks di balik respons Rusia. Di permukaan, ini jelas merupakan permainan kata-kata yang dimaksudkan sebagai penggalian pada kemampuan siluman F-35 oleh Moskow.

Cuplikan propaganda Perang Vietnam yang diumbar Rusia mengingatkan pada kerugian besar yang ditanggung Angkatan Udara AS selama tersebut. Kerugian itu, sebagian kecil, disebabkan oleh ratusan sistem pertahanan udara yang paling produktif, S-75 Dvina dan meriam anti-udara yang dipasok oleh Uni Soviet ke Viet Cong. ( https://cendekiapos.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.