Ramadan Tanpa Khilafah, Israel Terus Bombardir Muslim Gaza

    40

    Oleh: Maryani (Mahasiswi di Yogyakarta)

    Seluruh umat Islam di dunia pasti menanti datangnya bulan suci Ramadan. Karena bulan Ramadan adalah bulan yang paling mulia. Pada bulan ini kitab suci Al-quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Ramadan tahun 2019 jatuh pada tanggal 6 Mei 2019. Ramadan bulan yang penuh berkah. Karena setiap ibadah yang dilakukan di bulan ini,  Allah SWT lipatgandakan pahalanya. Selain itu Ramadan juga merupakan bulan dimana kita dapat menikmati kebersamaan bersama keluarga.

    Namun berbeda halnya dengan saudara-saudara muslim kita yang berada di Palestina dan Syiria. Ketenangan untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan yang penuh rahmat ini belum bisa mereka rasakan. Gempuran rudal dari militer Israel belakangan ini masih membuat ketegangan di kota tersebut. Akibatnya 23 warga Gaza meninggal dunia dan salah satunya adalah seorang perempuan yang sedang mengandung.

    Serangan tersebut merupakan serangan balas dendam karena milisi Palestina yang menembakkan roket ke wilayah yang diduduki Israel. Seketika Gaza porak poranda, para warga yang saat itu tengah disibukkan dengan aktivitas membeli bahan makanan untuk menyambut bulan Ramadan harus meregang nyawa karena serangan dari Israel tersebut. Kondisi tersebut akan tetap terulang kembali.

    Pertikaian tersebut seharusnya dapat dihentikan oleh negara-negara besar. Salah satunya Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Selama ini negara-negara besar hanya sebatas memberikan obat dan makanan untuk para korban. Namun hal itu bukanlah suatu solusi. Sebab pertikaian yang merenggut banyak nyawa tersebut akan terjadi berulang kali sebelum ada yang menghentikannya. Kondisi tersebut seharusnya membuat kaum muslim berpikir, apakah hanya sebatas solusi tersebut? Sedangkan negara-negara besar seperti Turki dan Arab pun tidak mampu menghentikan konflik tersebut.

    Bulan Ramadan seharusnya menjadi pengingat bagi kaum muslimin bahwa agama Islam adalah satu-satunya agama yang membawa kebenaran dan rahmat bagi alam semesta. Solusi untuk konflik tersebut tak lain adalah dengan Islam. Dalam Al-quran seluruh aspek kehidupan telah ada aturannya. Mulai dari urusan keluarga, masyarakat, hingga masalah negara telah diatur dalam Al-quran. Saat ini yang kita butuhkan adalah pemimpin yang mau menerapkan hukum Islam dalam konstitusi negara. Sehingga konflik seperti Israel-Gaza dapat dihentikan. Dengan Islam kemuliaan kaum muslim akan terwujud.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.