Kasus Covid-19 di Indonesia Kian Bertambah seharusnya Perhatian Pemerintah Kian Berlebih

80

Oleh: Dewi Kumala Tumanggor (Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab UIN SGD Bandung)

Kasus covid-19 di indonesia semakin hari semakin mengkhawatirkan, pasalnya jumlah orang yang tertular virus mematikan ini mengalami kenaikan yang luar biasa. Nampaknya kebijakan New Normal yang digaungkan pemerintah menjadi mimpi buruk bagi Masyarakat dan negara indonesia.

Kebijakan New Normal yang dilakukan indonesia sepertinya disalahpahami oleh masyarakat. Bagaimana tidak, kebanyakan kehidupan masyarakat indonesia sepertinya telah kembali normal seperti sediakala sebelum virus ini datang bertandang ke negeri kita tercinta. Hal ini disebabkan faktor ekonomi masyarakat ditambah masih banyaknya masyarakat yang menganggap remeh terhadap virus ini, hingga banyak diantara mereka yang beraktifitas kesana kemari tanpa menggunakan protokol kesehatan. Bahkan ada yang beranggapan bahwa virus ini tidak terlalu berbahaya.

Namun yang paling membuat geleng kepala adalah penyataan Pemerintah yang mengatakan bahwa  anggaran kesehatan untuk penanganan Covid-19 yang sebesar Rp87,55 triliun tidak akan bertambah hingga akhir tahun walaupun kasus positif Covid-19 saat ini semakin banyak dengan jumlah penambahan rata-rata per hari di atas 1000 kasus.

Ditambah kurang tegasnya pemerintah dalam menagani kasus ini membuat masyarakat semakin resah. Pemerintah beranggapan naiknya kasus hanya karena tes yang semakin massif, bukan karena tidak diputusnya rantai sebaran. Seolah sesuatu yang wajar, bahkan prestasi pemerintah yg menunjukkan sudah dilakukan tes ke lebih banyak orang. Kasus positif yang tadinya dimulai dari 1 orang hingga penambahan setiap harinya mengalami kenaikan.  Bahkan hingga pertanggal 13 Juli kasus di indonesia bertambah 1. 282 positif, 1.051 sembuh dan 50 meninggal dunia hingga kasus covid-19 di indonesia sudah  mencapai 76. 981 positiv, 36.689 sembuh, 3.656 meninggal dunia.

Dengan bertambah banyaknya kasus positiv covid-19 di indonesia harusnya semakin membuka mata pemerintah untuk mengambil tindakan yang lebih tepat.  Justru program pelonggaran PSBB lah yang seharusnya dievaluasi. Dalam kasus ini, pemerintah harusnya meninjau ulang terkait Kesudahan PSBB yang dilakukan pemerintah. Sebab sebagaimana kita ketahui beberapa saat lalu saat PSBB diterapkan kasus Covid-19 di indonesia tidak terlalu separah ini.

 Pemerintah segera membuat terobosan penanganan termasuk meningkatkan anggaran penanganan covid-19 ini, hingga tidak terjadi penyesalan diakhir waktu dan masyarakat tidak menyalahkan atas kebijakan pemerintah yang dianggap belum maksimal oleh masyarakat.

Wallahu’alam Bishowwab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.