Bangga Bicara Khilafah

185
foto: Bendera Rasulullah SAW ( Putih: Al-Liwa, Hitam: Ar-Roya)

Mediasiar.com – Khilafah yang merupakan kewajiban terbesar bagi kaum muslimin, juga dengan adanya catatan sejarah yang telah membuktikan zaman keemasannya semestinya membuat kita bangga untuk membicarakan dan juga memperjuangkannya. Berikut ini kuliah tweet di Hafidz Abdurrahman (@Hafidz_AR1924)

  • Sejak Abu Bakar as-Shiddiq menjadi Khalifah pertama di Madinah, sepeninggal Nabi saw. sampai Sultan Abdul Majid, Khalifah terakhir di Turki, umat Islam telah mempunyai 104 Khalifah. Khilafah bertahan selama 14 abad, menguasai 2/3 dunia.
  • Wilayahnya meliputi 22 juta km2, atau 2 kali lipat wilayah Amerika Serikat. Pada zaman Khilafah ‘Utsmani, Amerika dipaksa pertama kali menerima perjanjian yang ditulis dalam bahasa Arab, dan harus membayar “Perlindungan” kepada Khilafah.
  • Amerika Serikat pun pernah mengirim Surat Ucapan Terima Kasih kepada Khilafah ‘Utsmani atas bantuan pangan yang dikirim khalifah kepada Amerika Serikat yang sedang dilanda kelaparan pasca perang dengan Inggris (abad 18).
  • Khilafah ‘Utsmani juga pernah memberikan Surat Jaminan Perlindungan kepada Raja Swedia yang diusir tentara Rusia, dan meminta Suaka Politik kepada Khalifah (30 Jumadil Awwal 1121 H/7 Agustus 1709 H).
  • Khilafah ‘Utsmani juga memberikan izin dan ongkos kepada 30 keluarga Yunani yang telah hijrah ke Rusia, namun akhirnya ingin kembali ke wilayah Khilafah, karena di Rusia mereka justru hidup menderita (13 Rabiul Akhir 1282/5 September 1865)
  • Bahkan, Khilafah ‘Utsmani membuat peraturan bebas cukai bagi barang bawaan orang-orang Rusia yang mencari Suaka Politik ke wilayah Khilafah ‘Utsmani pasca Revolusi Bolschevik (25 Desember 1920).
  • Tak hanya itu, jauh sebelumnya, Kesultanan ‘Utsmani telah memberikan Sertifikat Tanah (Tahun 925 H/1519 H) kepada para pengungsi Yahudi yang lari dari kekejaman Inkuisisi Kristen Spanyol pasca jatuhnya pemerintahan Islam di Andalusia.
  • Pasukan Khilafah Turki Utsmani tiba di Aceh (1566-1577) termasuk para ahli senjata api, penembak dan para teknisi untuk mengamankan wilayah Sumatera dari serangan Portugis. Dengan bantuan ini Aceh menyerang Portugis di Malaka.

#BanggaBicaraKhilafah
#UntoldStory

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.