Arti Merdeka

88

Oleh Puji Ariyanti (Ibu dan Pemerhati Generasi).

Merdeka dalam kamus Bahasa Indonesia adalah bebas dari penghambaan dan penjajahan. Sedangkan dalam petikan UUD 1946 kemerdekaan adalah hak setiap bangsa.

Indonesia merdeka 73 tahun lamanya, namun penghambaan masih melekat pada diri masyarakatnya. Penghambaan pada  materialisme dan hedonisme menjadikan mereka terperangkap jerat korupsi. Menghalalkan segala cara guna meraih tahta.

Jika kemerdekaan adalah hak segala bangsa, benarkah Indonesia terkategori negara merdeka. Negara sebagai pengurus umat belum mampu mengayomi dan melindungi segenap keperluan dan kebutuhan umat.

Kemiskinan, kelaparan, narkoba, kenakalan remaja masih marak mewarnai  negeri dengan julukan  zamrud katulistiwa. Persekusi terhadap ulama, penghinaan terhadap simbol-simbol Islam. Ekonomi berbasis ribawi yang semakin menyusahkan umat. Pendidikan yang makin liberal menghasillkan output yang miskin  budi pekerti.

Dibidang kesehatan yang menjadi hak umat diabaikan dengan dicabutnya  3 palayanan. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan per 25 Juli 2018 tidak menjamin atau menanggung tiga pelayanan kesehatan, yaitu katarak, persalinan bayi yang lahir sehat, dan rehabilitasi medik. Kepala Humas BPJS Kesehatan, Nopi Hidayat, membenarkan, per Rabu (25/7), BPJS Kesehatan menerapkan beberapa implementasi. (REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA)

Dalam penjagaan aset negara yang sangat berharga, seperti tambang emas dan minyak pengelolaannya di kuasai asing. Inilah yang membuat umat semakin sengsara. Hingga terjualnya beberapa BUMN,  membuktikan ketidakmampuan   mengelola dan menjaga aset negara.

Allah ciptakan manusia memiliki naluri mempertahankan diri, oleh sebab itu muncul perasaan  takut dan keinginan untuk menguasai satu sama lain. Disadari atau tidak penampakannya mendorong pada diri manusia untuk melaksanakan aktivitas dalam rangka keberlangsungan hidupnya. Dalam Islam negara berkewajiban  menjaga serta mengelola Sumber Daya Alam karena merupakan  kekayaan alam untuk  keberlangsungan kehidupan umat. Negara merdeka adalah negara yang mandiri, semua kebutuhan umat terpenuhi. Umat merasa aman dan tenteram di dalamnya.

Jika aset negara yang berharga  seperti tambang emas dan minyak dikelola oleh asing dengan dalih efisiensi akankah rakyat mendapat kesejahteraan?

Rasulullah saw. bersabda, ”Kaum Muslim berserikat dalam tiga hal: air, padang rumput, dan api. Harga (menjual-belikannya) adalah haram” (HR Abu Dawud)

Mamaknai kemerdekaan hakiki adalah lepasnya sistem penghambaan  terhadap sesama manusia. Manusia  bebas menghamba secara totalitas kepada Allah semata.

Karena syariat Allah untuk kemaslahatan seluruh umat.

Allah SWT berfirman

“Dan sungguh, Kami telah mengutus seorang Rasul untuk setiap umat (untuk menyerukan), Sembahlah Allah, dan jauhilah Tagut, kemudian di antara mereka ada yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula yang tetap dalam kesesatan. Maka berjalanlah kamu di Bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang mendustakan (rasul-rasul).” (QS. An-Nahl 16: Ayat 36).

Kemerdekaan merupakan kunci kemuliaan manusia. Manusia tak  akan mulia, sebelum terbebas dari penjajahan. Rasulullah SAW, adalah suri tauladan yang mengajarkan kepada kita,  menghilangkan penghambaan kepada selainNya. Wallahu a’lam bisawwab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.