Seruan Ulama dan Tokoh Ummat Maluku Utara “Tolak Proyek One Belt One Road (OBOR)”

Ternate – Pada Multaqo Ulama dan Tokoh Umat Maluku Utara yang dilaksanakan pada Ahad 28 April 2019 di Hotel Menara Archie Ternate, yang dihadiri para Ulama, Pimpinan Pondok Pesantren, BKM Masjid Mubaligh, Mubalighoh, Intelektual dan Tokoh Mayarakat Maluku Utara di akhir acara menyampaikan pernyataan sikap Tolak proyek One Belt One Road (OBOR), karena dibalik proyek OBOR terdapat bahaya besar bagi bangsa Indonesia.

Sebagaimana telah diberitakan bahwa One Belt One Road (OBOR) merupakan proyek yang digagas oleh pemerintah komunis China untuk menghidupkan kembali jalur perdagangan sutra darat di masa lalu dan mengembangkan jalur perdagangan sutra maritim di kawasan baru. Indonesia termasuk yang menjadi target untuk bergabung dalam proyek ini. Perjanjian telah ditandatangani di Beijing 26 April 2019.

Proyek One Belt One Road (OBOR) merupakan proyek pembangunan infrastruktur dengan pendanaan melalui pinjaman dari China, bahan-bahan dari China dan tenaga kerjapun juga dari China.

Melalui proyek ini akan memudahkan perusahaan-perusahaan China melakukan eksplorasi dan eksploitasi sumberdaya alam di seluruh wilayah negara Republik Indonesia. Karenanya, proyek ini diindikasikan menyimpan bahaya besar bagi eksistensi bangsa dan negara Indonesia; pertama, penguasaan (penjajahan/kolonisasi) China atas Indonesia, baik secara teritorial maupun secara ekonomi; kedua, penyebaran ideologi Komunisme di Indonesia. Hal ini menurut Islam diharamkan berdasarkan sabda Nabi saw:
Muhammad Saw:

« لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ »

“Tidak boleh (ada) bahaya dan menimbulkan bahaya”. (HR. Ibnu Majah)

Bahwa, Alloh Swt mengharamkan jalan apapun penguasaan umat Islam dan negerinya oleh orang-orang (bangsa) kafir, sebagaimana firman-Nya:

وَلَنْ يَجْعَلَ اللَّهُ لِلْكَافِرِينَ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ سَبِيلًا

“Dan sekali-kali Alloh tidak menjadikan bagi orang-orang kafir jalan untuk menguasai orang-orang mukmin”. (QS. An-Nisaa’: 141)

Oleh karena itu, para Ulama dan Tokoh Umat Maluku Utara peserta Multaqa sepakat untuk menyatakan MENOLAK Proyek One Belt One Road (OBOR).

Pernyataan tersebut dibacakan pada bagian akhir Multaqa oleh Ustadz Faisal Ambar dengan didampingi para ulama dan tokoh yang lain,dan kemudian acara ditutup dengan doa. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.